Malam ini kita dikejutkan dengan fenomena menarik. Sangat menarik, dan jenius. Yuk kita bedah dari kacamata anak marketing.
Lolos dari jebakan Bean!
Jadi ceritanya nih baru aja pulang kampus, iseng liat recent update BBM, eh semua orang ganti profile picture sang legenda lawak dunia: Rowan Atkinson alias Mr. Bean dari inggris itu.
Entah kenapa yang terpikir adalah legenda ini meninggal dunia. Tapi kok nggak ada tulisan deepest condolences atau berduka cita ya? haha akhirnya karena penasaran saya pun bertanya pada Ria Erizal (soghie), adik kelas waktu SMP dulu.
Saya: Gie, ada apa dgn bean? rowan atkinson meninggal?
Soghie: WAIT!
kemudian ia menuliskan teka teki seperti ini:
"Gue tau lo suka lelucon yang cerdas kan? Ok, lets play the game, tapi kalo lo ikut dan kalah, lo harus sportif ya?Mbak soghie ini dengan pedenya ngasih pertanyaan, gw pun pede menjawab. Kata kuncinya ada pada "suatu hari lo masih tidur", ya karena tidur, maka pertama kali yang lo buka adalah mata :D Ups, jawaban betul, dan si mbak misuh misuh, saya pun terhindar dari penggantian DP BBM yang kejam itu :P hehehehe!
Suatu pagi lo masih tidur, jam 7 pagi bel berbunyi, ternyata ada tamu tak terduga. Teman lama lo datang untuk sarapan bareng. lo punya selai cokelat, selai strawberry, dan mentega. Pertanyaannya, apa yang lo buka duluan?
Kalau jawaban lo salah, lo harus ganti DP lo jadi foto Mr. Bean selama 12 jam, deal? berani terima tantangan ini?"
Marketing Insight
Menariknya, dari kacamata saya sebagai seorang marketeer, ini fenomena keren banget bro!Hebatnya hal kecil ini bisa jadi pembicaraan buaaanyak orang cuma gara-gara metode simpel. Mari kita runut ya beserta analisis metode:
- Diawali dari pertanyaan yang menggali daya pikir. Partisipatif, ada reward dan punishmentnya. kata-kata "cerdas" (Gue tau lo suka lelucon yang cerdas kan) dibuat untuk menantang dengan terhormat, seakan-akan lelucon ini spesial dikasih ke orang-orang tertentu aja. Praktis jadi tertarik ikutan jawab.
- Nggak semua orang teliti menjawab - ini bukan tipe soal yang mudah, banyak kemungkinan tafsir yang bisa orang pikirkan. Maka kira-kira 70% dari yang kita kasih tebak-tebakan salah menjawab.
- Ketika salah jawab, dia akan mengganti DP nya dengan gambar Mr Bean. Penggantian ini dilihat oleh publik di recent update. Ini kunci pertama, partisipasi publik.
- Kalau satu orang nggak masalah, ini bareng-bareng dan banyak! Maka jadilah sebuah pertanyaan umum, "ada apa dengan Mr Bean?", "kenapa orang ganti DP Mr. Bean semua?"
- Pertanyaan ini memicu dialog antar orang yang kena jebakan, dengan calon korban. Maka timbul perasaan balas dendam, dan voila! Pesan ini terus beruntun kemana-mana hingga saat ini tulisan ini diturunkan
Hasilnya neeeh Coba liat berapa banyak pembicaraan di media terkait ini. Liat nih di twitter:
Liat juga nih di google trend, pencarian mr bean melejit parah
Menarik bukan? Bayangkan bila strategi ini mampu diaplikasikan pada aktivasi brand, kampanye produk, bahkan gerakan mahasiswa. Dipastikan hemat, cepat penyebarannya, dan saaangat efisien. Berbeda dari advertising, Strategi low cost high impact ini yang menjadi ciri dari MPR (Marketing Public Relation), mengandalkan media dalam menyebarkan berita dan promosi produknya.
Yak, lets sum this up! Apa yang bisa kita ambil pelajaran dari kejadian ini, yuk dianalisis:
- Bahwa strategi Mr Bean ini merupakan hal keren yang bisa diaplikasikan dalam kegiatan apapun, untuk menarik perhatian masyarakat\
- Strategi yang berhasil harus mengikuti dua proses adoption model baru, yaitu search and share. Search artinya setiap orang aktif mencari informasi, dan share artinya berbagi pada yang lain atas apa yang telah didapat. Dalam konteks ini search artinya menanyakan kejadian (kok pada ganti DP ya?) dan share (BM lagi, atau nebakin lagi).
- Kontennya harus menarik. Tebak-tebakan dan tantangan yang dibuat seru dan mengasah otak, serta cukup keren untuk ditantangin balik ke temen yang lain.
- Bayangkan, setiap orang 'dijebak' untuk bertanya, kemudian dijebak untuk ditanya (karena memasang DP), dan lagi-lagi dijebak untuk memberikan pertanyaan pada orang lain karena dendam. Ini GILA! saya kurang paham teorinya, tapi ayo ambil metodenya, adaptasikan dalam jebakan-jebakan lain.
- Partisipasi publik dalam proses 'search and share', dalam jumlah besar dan waktu bersamaan sangat penting untuk menjaga momentum couriousity.
Comments
Post a Comment
Comment adalah sebagian dari iman :D