Skip to main content

Ayo Efisienkan Twittermu!

Sebenernya nulis tips tentang twitter gini masih ngerasa kurang pantes. Follower masih 1400an, influence masih kecil banget, tapi kok ya berani beraninya nasehatin orang. Tapi akhirnya diberaniin aja lah, Hehe, ini cuma pandangan terkait gimana caranya twitter bisa lebih efisien baik dalam memberikan atau meneruskan informasi yang tersedia.

Apa sih yang membuat satu akun bisa begitu terkenal, dan akun lainnya susah dapet follower? Apa kriteria akun bermanfaat, kenapa kita follow ini, unfoloow itu, dan sebagainya. Semua nggak lepas dari twitter yang efisien. Ayo kita bedah, gimana caranya bikin twitter yang efisien untuk kita dan follower kita!

Satu, Verify your 'following'.
Jangan sembarangan follow orang, apalagi yang minta 'follback'. @pandji pernah nyeletuk, "hanya alay yang minta follback, dan saya tidak memfollow alay".

Sejatinya orang-orang yang kita follow adalah kunci informasi apa saja yang akan kita dapat. Twitter membuat mekanisme follow menjadi sedemikian mudah, sehingga setiap orang mampu memilih dengan bebasnya pesan apa yang ingin diketahui. Followingmu, telingamu. Nah, kalau saya mengkategorisasikan orang yang akan saya follow pada beberapa jenis
  1. 1. Akun personal orang yang benar-benar kenal dengan kita. Contohnya keluarga, teman SD, SMP, SMA, Kuliah, kenalan di komunitas A B C dan seterusnya. Biasanya ini memakan porsi paling banyak, serta space linimasa yang tidak sedikit. Informasi yang diharapkan berupa silaturahmi, kabar terkini lingkungan, pencapaian, karya, berita, dan hal-hal menyangkut hubungan interpersonal
  2. 2. Akun personal yang informasinya ingin kita dengar, biasanya berupa akun para expert di industri yang kita geluti, atau pemimpin yang kita cintai, atau trendsetter dan opinion leader.
  3. 3. Kanal berita, ini penting untuk update situasi terkini. Bisa blog, atau berita khusus dalam dan luar negeri. Sifatnya yang resmi membuat kita mampu mengkomentari/mengklarifikasi sebuah isu.
  4. 4. Akun perusahaan/institusi/komunitas tertentu yang updatenya kita nantikan, apple misalnya, atau 9gag, atau football funnies, bahkan akun sekolah, beasiswa, dan sebagainya.
Bila ada akun yang tidak termasuk 4 kategori ini, ya mari kita unfollow untuk mengefisienkan timeline kita hanya untuk hal bermanfaat. Kategori setiap orang pun bisa berbeda, tergantung informasi yang ingin didapat. Jadi, apa kategori following-mu?

Dua, Deliver Value to your followers
Nah, bayangkan ketika kita jadi follower, akun apa yang kita follow? Pastilah akun yang bisa memberikan SE SU A TU - dibaca dengan gaya syahrini. Haha, eh tapi betul lho! Nggak akan ada yang mau follow kita kalo isi timeline cuma galaaaau semua, atau update-an path/foursquaree semua. 

Content is everything in twitter! kemudahan follow - unfollow membuat setiap orang mampu membuang kita dengan sekejab dari timelinenya. Layaknya transaksi, kegiatan follow adalah uang untuk menebus linimasa seseorang. 

Tipsnya? Tweet something useful. Apa definisi twit bermanfaat? nah definisikan masing-masing lah. Seorang @saptuari fokus dengan bisnis kaosnya, namun aktif dalam kegiatan sedekah rombongan. Twit dia tentu beraroma sosial, update info kegiatan yang dia lakukan di SR, dan sebagainya. Sosok @faldomaldini mungkin terus berkelakar, namun ada sikap konsisten dan opini terkait pergerakan mahasiswa, menginspirasi, dan berkarya - seperti visinya di BEM UI 2012 lalu. Ini syarat dari twit yang bermanfaat:
  1. 1. Konsisten pada satu tema, jadilah spesialis pada konten yang kita sangat kuasai
  2. 2. Hal bermanfaat itu BARU, BERBEDA, atau DICARI semua orang.
  3. 3. Atur waktu nge-tweet pada jam jam primary followersmu aktif. Misalnya mahasiswa pada jam tujuh malam keatas, atau orang kantor pada jam makan siang.
  4. 4. Mention para opinion leader dan brand tertentu yang dapat menjadi asosiasi diri anda. Jadi spesialis di bidang kedokteran? fokuslah pada akun-akun tentang tips kesehatan, atau sesekali mention dokter tompi sambil ngomongin jazz
  5. 5. et cetera, bisa ditambahin sendiri ;)
Followers banyak bukan soal sombong-sombongan, tapi menggambarkan kredibilitas dan social investment yang benar-benar digarap secara apik. Twitter yang efisien berarti memberi manfaat kita sebagai pengguna, dan follower kita sebagai penikmat. Semoga bermanfaat, jangan lupa follow saya di @aradityarian. Hehehe danke!


Comments

Popular posts from this blog

EXTRA JOSS: INKONSISTENSI DAN PENISTAAN TERHADAP LAKI

Extra Joss pernah menjadi jawara minuman energi serbuk se-Indonesia. Ya, pernah, sebelum akhirnya Kuku Bima Ener-G diluncurkan 2004 silam dan merebut tahta enam tahun lalu. Sejak itu genderang perang tak pernah berhenti ditabuh oleh kedua kubu.

Bila Extra Joss dikenal dengan warna kuning dan rasa asam khasnya, sedangkan Kuku Bima melawan dengan berbagai varian rasa buah seperti anggur, mangga, jeruk, serta kopi. Awalnya Extra Joss menggebrak pasar pada tahun 1996, meruntuhkan anggapan minuman energi yang lekat dengan botol kaca berbandrol mahal dengan ekstrak berbentuk bubuk. “Buat apa beli botolnya, ini biangnya!”, kata iklan kala itu. Melalui budget nyaris tak terbatas dan aktivitas marketing tepat sasaran, Extra Joss merajai pasar lebih dari sepuluh tahun lamanya.

Namun kejayaan tersebut tak berlangsung abadi. Kuku Bima Ener-G, merek yang sebenarnya sudah ada sejak lama terkenal sebagai “obat kuat” ini, dimodifikasi dan dikemas ulang sebagai penantang Extra Joss. Penjualan yang han…

Trade off dan Oportunity cost dalam kehidupan

Hahahahahahaa
what a nice function!

Sering kali kita, para lelaki, menganggap bahwa wanita itu adalah suatu masalah. yap! Ada yang bilang mereka itu banyak maunya, minta beli ini, minta jemput, minta ditelpon, diisiin pulsa, diajak malming...dan masih terlalu banyak 'tuntutan' lainnya. Wanita itu lemah, harus 24 jam dijaga nonstop! Bahkan ada tipe wanita yang overposessif, sampai2 trima sms dari temen aja harus lapor max 1x24 jam!


hmm..gw jadi mikir, dan cukup flashback sama pengalaman pribadi..Ternyata emang setiap cowo mempertimbangkan semua hal untuk menggebet cewe idamannya, nggak cuma faktor intern but also extern. Disinilah muncul hukum ekonomi, "Trade Off" dan "Opportunity Cost".

Nggak ada yang lo bisa borong di dunia ini(Walaupun bokap lo muntah duit) Uang bukan segalanya, karena nggak semua permasalahan di dunia ini bisa lo selesaiin dengan duit. seperti yang satu ini:




MISAL: Ini surti dan ngatiyem
Kita ngomongin 2 cewek diatas, Surti dan Ngatiyem. S…

Film Soekarno: Mengecewakan

Tulisan ini penuh dengan opini personal dan subjektifitas. Silakan berdiskusi.

Karena saya kecewa berat dengan Film ini.

Mungkin Actingnya Ario Bayu cukup baik. Mukanya sangat mirip walau perut buncitnya tidak dikecilkan terlebih dahulu. Sorot matanya sebagai Soekarno tajam, tapi layu; Terlalu sering menunduk dan menunjukkan inferioritas seorang bapak bangsa

Mungkin actingnya lukman sardi, maudy Koesnaidi, Sudjiwo Tedjo, pemeran bung kecil, sangat sangat baik. Top class actor & actress. Ferry salim jelek, kaku sekali dia menjadi orang jepang.

Mungkin kolosalitas film ini cukup baik. Penggambaran romusha, perlakuan pelacur di barak kamp tentara jepang, ledakan gudang minyak - yang sebenarnya tidak penting, pidato yang disambut teriakan ratusan orang, pemberontakan akibat 'salah arah kiblat', darah dan tembakan dimana-mana, penculikan rengasdengklok yang buruk, revolusi tak jadi jakarta anti klimaks.

Tetapi sebagai Soekarno-ist, yang membaca pemikirannya, mendengar pidato-…