Pernah denger istilah marketing?
Pasti pernah dong ya..
Iya, pernah. Masalahnya, most of us kalo denger marketing pasti kebayang artinya jualan, jadi sales berdasi, keliling rumah nawarin barang dagangan. Komunikasi diajarin supaya pembeli nggak bisa ngelak terus beli. Iya kan? IYA KAN? Ngaku! NGAKU! *maksa*
First of all, marketing itu bukan cuma soal jualan kawan. Sales yang temen-temen biasa temui di mall mall itu hanyalah satu dari apa yang disebut marketing communication mix - berbagai cara agar komunikasi dengan customer bisa terjadi. Boleh ya saya jelasin lebih jauh.
Dari struktur frasenya, marketing dan komunikasi. Basically marketing adalah aktifitas end-to-end dari mengkomunikasikan, menawarkan, sampe deliver value sebuah produk (barang/jasa) pada konsumen (AMA, 2007). Sedangkan komunikasi berarti menyampaikan pesan dari sender ke receiver melalui channel/media tertentu. Maka marcomm artinya kegiatan yang fokus pada bagaimana value sebuah produk komunikasikan dan disampaikan pada konsumen.
Nah ini yang disebut dengan marcomm mix. Ini berbagai kegiatannya:
You guys can imagine what is it about? Great! Karena memang mereka ada disekitar kita. This is what marketeers do.
- Advertising. Pasti dong ya, ini cara paling umum yang dipakai orang. Cirinya pakai yang disebut dengan paid media. Bayar! televisi, radio, dan sebagainya. Bisa softselling, bisa langsung jualan produknya.
- Kalo nggak pake bayar tapi mau promosi, ini yang disebut dengan PR - public relation. Tujuan awalnya supaya orang ngeh sama apa yang dilakuin si perusahaan, tapi lewat liputan wartawan. Gratis dong, nggak perlu banyak media. Caranya? banyak, misal CSR atau bikin kegiatan sosial. Aqua 1 untuk 10, larutan cap badak,
Sosis So Niceadalah beberapa contohnya - Pernah dapet diskon? Nah itu salah satu dari Sales promotion. Gimana caranya konsumen yang potensial bisa lebih banyak beli dan nyobain produknya. Strategi kayak bundling (dua barang digabung jadi satu), trus buy one get one, sampe free sample itu juga termasuk. Jadi kalo dapet permen instead of uang kembalian, sadar ya, itu promosi juga bro!
- Direct Marketing ini lebih lawas, tujuannya si perusahaan mau promosi tanpa ada perantara. Katalog promosi, email, dan sebagainya itu termasuk didalamnya
- Nah yang terakhir disebut personal selling. Ini yang temen-temen pernah temui di jalan sebagai salesman/saleswoman, nawarin barang dagangan. Tujuannya supaya bisa one-to-one promotion yang lebih dekat dan hangat. Wajar dong ceweknya cantik-cantik. Hehehe
- Sisanya adalah pengembangan dari 5 poin diatas.
Nah begituuu, kebayang dong apa yang marketeer lakuin? Nggak cuma nongkrong di jalan nungguin anda lewat, hahaha
Next time saya akan post beberapa contoh portofolio marketing plan yang pernah saya kerjakan. Ada Durex Pleasuremax, ada Wall's Delivery, daaan sebagainya.
Stay tune and keep hail marketing! *gaya presenter bola*
asik mantengin post-postnya ara, jadi belajar banyak :D
ReplyDeleteditunggu posting selanjutnya!