Skip to main content

(Merasa) benar karena biasa, biasa melakukan kesalahan.

Singkat saja. Sudah malam, sudah lewat jam 12. Ini hutang tulisan kemarin harusnya. Maaf ya pemirsa

Tulisan ini dipersembahkan untuk seorang mbak berjilbab, pengendara motor mio, pelanggar lalu lintas yang menganggap dirinya benar.

Here it is

Kamis lalu, setelah buka puasa bersama HIPMI Jaya, gue menyempatkan diri bersilaturahmi bersama teman-teman SMP 236 Jakarta. Berhubung waktu buka puasa bersama nggak bisa hadir - atau tepatnya lupa dateng (duh maaf teman2), akhirnya gue bela-belain deh dateng ke futsal city raden inten, jakarta.

Dari pacific place, stasiun manggarai, akhirnya sampai di stasiun cakung tempat gue menitipkan motor. Keluar dari stasiun kemudian jalan kearah pondok kopi menyebrangi rel

Sore itu sekitar jam 8 malam, situasi lalu lintas masih tersendat. Kemacetan sepanjang 10-15 mobil sebelum palang kereta api pun terlihat. gue berjalan dengan perlahan di kanan jalan.

Namun terlihat rombongan pelanggar lalu lintas yang melawan arah disana. Mencoba menerobos meski sudah tahu macet dan sulit untuk lewat. Ya, jalur ini memang seringkali diterobos oleh mereka yang tidak mau memutar jauh. Para pengendara motor ini rela mempertaruhkan harga diri dan keselamatannya untuk jarak putar 100 meter. Kebiasaan, menjadi jalur yang biasa untuk diterobos. Yasudahlah, sudah biasa.

Yang pernah merasakan boncengan motor gue pasti tau gimana gue memperlakukan mereka. No exception, minggir! Gue ada di jalan yang benar dan akan lurus aja tanpa peduli ada mereka. kalo lo mau lewat, ambil trotoar atau bahu jalan. Tradisi keras bawaan bokap gini nih. Jadi polisi dadakan.

Lha kok dilalah ditengah motor yang gue 'tertibkan', ada seorang mbak mbak berusia 20an tahun, tetep ngeyel nggak mau minggir. Mungkin takut masuk bahu jalan, tapi nggak takut mati ngelawan arus

Gue pun keukeuh. Berhenti didepannya, melepas helm, kemudian tersenyum.

Tiba tiba

Mbak berjilbab tersebut keki. Dia nyuruh gue minggir.

"Mas, situ dong, saya mau lewat" menunjuk jalan tengah yang lengang dengan bibirnya.

Gue tertawa terbahak-bahak

"Ngerti jalan nggak mbak?" sindir gue, dalem.

Mbak tersebut masih nggak tau malu. Melototin gue, ngomel ngomel sesuatu yang tersaru sama bunyi desing kendaraan bermotor

Tawa gue makin deras.

beberapa detik kemudian, menghindari motor belakang tersendat, gue pun mengalah. Berjalan perlahan ke tengah sembari berkata

"Besok lagi belajar ya mbak, biar ngerti aturan jalan."

(pake kerudung buat nutupin kepala yang nggak ada otaknya ya? - dalam hati)

Motor gue pun melaju. Menyebrangi rel, menuju banjir kanal timur

* * * * *

Sahabat saya yang baik hatinya *tsah*

Banyak dari kita yang tidak sadar membenarkan kesalahan. Penulis pun sama. Membenarkan kesalahan yang dianggap sudah umum dilakukan.

Menyogok polisi, lumrah lah. Tidak mengenakan helm, yasudahlah. Membeli DVD bajakan, biarinlah.

Sudah biasa.

Ah semua orang juga gitu. Nggak apa-apa lah, sekali ini.

Lebih parahnya lagi saat sudah biasa melakukan kesalahan, kemudian merasa benar diatas kesalahan yang dilakukan.

Gue nggak bilang kalo gue gak pernah lewat jalan itu. Gue pernah bro. Tiap malem kalo kosong gw pasti lewat situ. Tapi kalo ada pengendara yang sah lewat, gue pasti minggir sebisa mungkin, kalo perlu berhenti. Kalo perlu naik trotoar. Karena gue sadar, gue salah. Setidaknya kesalahan gue nggak mengganggu lo.

Nah ini sudah menyerobot jalan, lalu menghardik pengguna yang sah. Ini keterlaluan. Dimana logikanya? Gue nggak paham sih.

Orang yang salah, dan sadar bahwa dirinya salah, itu masih bisa dimaklumi.

Orang yang salah, dan tidak sadar bahwa dirinya salah - terlebih merasa benar? Ini yang perlu dibantai!

Dan gue pikir terlalu banyak orang tipe ini di jakarta. Salah dan merasa benar. Merasa benar karena biasa.

Pedagang kaki lima, preman, calo, hakim, polisi sampai korporasi, pejabat negara, presiden, mahasiswa...

Apa kesimpulannya?

Satu, kesalahan yang dilakukan banyak orang (menjadi kebiasaan) tidak semata-mata menjadi kebenaran! Aturan tetap aturan, dan kita sebagai warga negara wajib mematuhinya.

Dua, Setidaknya kalaupun kita melakukan kesalahan, kita tahu bahwa hal itu salah, dan sebisa mungkin tahu diri menyikapi kesalahan tersebut. Bukan malah merasa benar dan paling benar.

Tiga, membiasakan kesalahan dan menganggap kesalahan sebuah hal biasa itu banyak terjadi. Apakah ada diantara aktifitas harian kita? Yuk evaluasi diri masing-masing.

dan Empat, semoga mbak yang itu sadar - sebelum disadarkan Tuhan melalui cara-cara yang 'sedikit' menyakitkan

Sekian, Habis!

Comments

  1. banyak sih yang bgitu ara,mrasa benar padahal salah...

    huff..yang bikin malu jilbabnya itu loh*brasa tersindir juga nih kan pake jilbab juga akunya :D


    tapi dari situ bisa diambil plajaran bahwa kita tidak boleh seperti itu..

    ReplyDelete

Post a Comment

Comment adalah sebagian dari iman :D

Popular posts from this blog

Bagaimana Bisa - Tiga Pertanyaan untuk Kita dan Semesta

Bagaimana bisa aku bisa menulis rangkuman masa lalu , bila setiap detik yang berlalu menjadi ceritanya sendiri? Tulisanku berkejaran dengan memori yang terus terbentuk, terbentuk, terbentuk, lalu terbentur dengan kecepatan jariku merekam setiap kenangan dalam tulisan. Aku hanya ingat samar samar wajah letih seorang perempuan di taman anjing itu, berjalan menyusuri lorong panjang diantara kedai kopi dan pizza, lalu mendekat memanggilku dari belakang. Hmm, sosok yang familiar, namun terasa asing setelah mungkin dua-tiga tahun mengikuti sepak terjangnya di dunia maya. Apa yang aku bisa ingat? Perawakannya yang tinggi putih dengan kacamata besar, pakaiannya cukup manis melengkapi alis ulat bulu dan bibirnya yang tebal. Sisanya, ingatanku memudar seperti lipstiknya kala itu. Mungkin yang sedikit bisa aku ingat adalah caranya bicara dan mendengarkan. Tentang bagaimana ia percaya bahwa produk Apple lebih superior dibandingkan merek gawai lain, tentang kesulitan tidurnya dan apa akar masalahny

Trade off dan Oportunity cost dalam kehidupan

Hahahahahahaa what a nice function! Sering kali kita, para lelaki, menganggap bahwa wanita itu adalah suatu masalah. yap! Ada yang bilang mereka itu banyak maunya, minta beli ini, minta jemput, minta ditelpon, diisiin pulsa, diajak malming...dan masih terlalu banyak 'tuntutan' lainnya. Wanita itu lemah, harus 24 jam dijaga nonstop! Bahkan ada tipe wanita yang overposessif, sampai2 trima sms dari temen aja harus lapor max 1x24 jam! hmm..gw jadi mikir, dan cukup flashback sama pengalaman pribadi..Ternyata emang setiap cowo mempertimbangkan semua hal untuk menggebet cewe idamannya, nggak cuma faktor intern but also extern. Disinilah muncul hukum ekonomi, "Trade Off" dan "Opportunity Cost". Nggak ada yang lo bisa borong di dunia ini(Walaupun bokap lo muntah duit) Uang bukan segalanya, karena nggak semua permasalahan di dunia ini bisa lo selesaiin dengan duit. seperti yang satu ini: MISAL: Ini surti dan ngatiyem Kita ngomongin 2 cewek diatas, Surti

Get Out of the Model!

Pernah ke hypermart ITC Depok? Kalau belum, cobalah. Naik ke lantai 2, lalu naik eskalator dalam hypermart. Anda akan menemukan keadaan seperti ini di eskalatornya. Sekilas nampak berantakan. Tapi coba lihat lebih dekat What? Chiki? Iya. Cemilan dalam kemasan (entah namanya apa). Ratusan hingga ribuan snack ditumpahkan ditengah, kiri dan kanan eskalator yang sedang berjalan. Terlihat mereka yang menggunakan eskalator excited dan mulai menyentuh berbagai merek sepanjang perjalanan. Sebagian terlihat mengambil dan langsung memakannya.  Menurut saya ini cerdas. Sangat cerdas. Low-cost innovation untuk meningkatkan customer experience yang tepat guna. Hypermart berhasil mempertemukan konsumen primer snack ringan - anak kecil dan remaja - dengan eskalator yang dikategorikan sebagai ruang publik yang menyenangkan (playful) bagi konsumen tersebut. Apakah inovasi harus mahal? Apakah promosi untuk meningkatkan experience harus bermodal ratusan juta-milyaran rupi