Pernah ke hypermart ITC Depok? Kalau belum, cobalah. Naik ke lantai 2, lalu naik eskalator dalam hypermart. Anda akan menemukan keadaan seperti ini di eskalatornya.
What? Chiki?
Iya. Cemilan dalam kemasan (entah namanya apa). Ratusan hingga ribuan snack ditumpahkan ditengah, kiri dan kanan eskalator yang sedang berjalan. Terlihat mereka yang menggunakan eskalator excited dan mulai menyentuh berbagai merek sepanjang perjalanan. Sebagian terlihat mengambil dan langsung memakannya.
Menurut saya ini cerdas. Sangat cerdas. Low-cost innovation untuk meningkatkan customer experience yang tepat guna. Hypermart berhasil mempertemukan konsumen primer snack ringan - anak kecil dan remaja - dengan eskalator yang dikategorikan sebagai ruang publik yang menyenangkan (playful) bagi konsumen tersebut.
Apakah inovasi harus mahal? Apakah promosi untuk meningkatkan experience harus bermodal ratusan juta-milyaran rupiah? Gambar diatas membuktikannya. Inovasi dan promosi dapat dilakukan dengan sederhana, namun tepat guna dan berdampak besar pada target-target yang ingin dituju
Kuncinya satu: Get out of the model :)
salam
aditya rian
CEO Virus Marketing
Helps Indonesian SME through marketing
NB: saya akan rutin menulis tentang inovasi marketing setiap harinya. Stay tune!
Tapi dia gagal memastikan pengunjung kenal brand nya. Haha. Itu Carrefour kan? Bukan Hyppermart.
ReplyDelete